Home » Blog » 10 Cara Menjaga Kehormatan Muslimah

10 Cara Menjaga Kehormatan Muslimah

cara menjaga kehormatan muslimah

Halo Saudariku! kali ini kita akan bicara tentang cara menjaga kehormatan muslimah! Cewek, ingat ya, kehormatanmu kayak perhiasan super mahal. Pasti kamu nggak mau kan, perhiasanmu itu rusak atau hilang? Jadi, sebelum atau sesudah nikah, yuk, jaga kehormatanmu sebaik-baiknya!

Udah banyak berita tentang pemerkosaan di koran-koran, dan kadang-kadang korban malah saudari kita sendiri, muslimah. Ih, ngeri banget kan?

Meski kita percaya penuh sama Allah dan selalu terima takdir, tapi kan kita juga harus usaha maksimal buat menjaga diri kita. Jadi, di sini Saffa mau kasih beberapa tips buat kamu cara menjaga kehormatan muslimah. Siap?

Cara Menjaga Kehormatan Muslimah : Menutup Aurat dengan Sempurna

“Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu’min: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu MEREKA TIDAK DIGANGGU. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. al-Ahzab: 59)

Pertama, untuk menjaga kehormatan sebagai seorang muslimah, kamu harus simak ayat di atas dulu!

Banyak ulama bilang, hampir seluruh tubuh cewek itu aurat kecuali muka dan telapak tangan.

Tapi, ada beda pendapat nih. Ada yang bilang, muka dan telapak tangan boleh terlihat pas shalat doang Tapi ada juga yang bilang boleh kelihatan kapan aja.

Walaupun gitu, kebanyakan ulama saranin biar muslimah nutupin seluruh tubuhnya kalau keluar rumah ya.

Jadi, intinya tuh penting banget buat muslimah buat jaga kehormatannya! 😉🌸

Yuk, sahabat! Di era serba bebas ini, ada banyak fitnah yang mengintai.

Jadi, kalau denger orang bilang seluruh tubuh wanita, termasuk muka dan telapak tangan, harus ditutupi, jangan langsung diremehkan ya. Penting buat kita tahu cara menjaga kehormatan muslimah.

Cara Menjaga Kehormatan Muslimah : Menundukkan Pandangannya

Selanjutnya adalah dengan menundukkan pandangannya. Coba deh, kamu perhatikan ayat di bawah ini:

Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangan mereka, dan memelihara kemaluan mereka, dan janganlah mereka menampakkan perhiasan mereka kecuali yang (biasa) nampak dari mereka. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dada mereka. (QS.an-Nur: 31)

Ternyata, kamu sebagai muslimah juga harus menundukkan pandangan, lho. Selama ini mungkin kamu sering dengar kalau cowok lah yang harus menundukkan pandangan. Ternyata sebagai cewek, kamu juga wajib menundukkan pandangan!

Jika mata dan pandangan kamu nggak dijaga, otomatis kehormatanmu sebagai muslimah juga akan terancam rusak. Ngeri ih! yuk ah semangat jaga pandangan, hehe!

Ohya, jaga pandangan ini nggak cuma ke cowok-cowok di dunia nyata ya. Tapi juga di sosmed ataupun drakor-drakor lhoo! hayoo siapa yang sering nonton drakor dan suka kesemsem sama oppa?

Hindari Suara Lembut Pada Lelaki Non-Mahram

Adapun cara ketiga adalah dengan menghindari suara lembut ataupun manja ke lelaki yang bukan mahram kamu! berbahaya banget lhoo ini! hati-hati ya. Coba deh lihat ayat di bawah ini:

“Maka janganlah kamu tunduk dalam berbicara sehingga berkeinginanlah orang yang ada penyakit dalam hatinya, dan ucapkanlah perkataan yang baik” (QS. al-Ahzab: 32)

Nah, ayat di atas jelas-jelas memerintahkan kamu untuk jangan menundukan suara alias merendahkan suara dengan mendayu-dayu. Sebab apa? bahaya! bisa jadi ada lelaki yang punya penyakit hati yaitu memiliki syahwat ke suara kamu. Ngeri ih!

Tetap di Rumah!

Selanjutnya, cara menjaga kehormatan seorang muslimah adalah tetap di rumah! sebisa mungkin kamu harus memaksimalkan produktivitas di dalam rumah saja. Kecuali jika ada hal-hal mendesak yang mengharuskan kamu pergi keluar rumah. Intinya, selama nggak ada kepentingan pergi, mendingan di rumah aja lah! lebih terjaga.

Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ta’atilah Allah dan Rasul-Nya. (QS. al-Ahzab: 33)

Jauhi Pacaran dan Berbagai Bentuknya

Tahu nggak, sih, kalau pacaran itu bisa jadi jebakan? Nah, gini, pacaran yang bukan antara suami-istri itu bahayanya kayak mau masuk ke pintu yang bernama zina. Nggak ada yang langsung jatuh ke masalah gitu tanpa ada tahapan-tahapan dulu. Kayak trapnya setan gitu deh. Jadi, buat kamu yang mau jaga kehormatan, mending hindari pacaran dulu ya!

Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk. (QS. al-Isra’: 32)

Intinya kamu harus hindari pacaran! Kenapa? Soalnya, pacaran itu ibarat kamu jadi sandal yang dicoba-coba. Kalau nggak cocok? Langsung ditinggal! Eits, kamu bukan barang yang bisa dicoba-coba lho! Ingat, menjaga kehormatan muslimah itu penting ya. 😉🌸

Jangan Berkhalwat (Berduaan dengan pria non-mahram)

Jadi gini, Nabi Muhammad pernah bilang ke kita semua, “Bro, jangan sampe yaa kalian cowok-cowok hang out berduaan bareng cewek, kecuali kalau ada saudaranya yang ikutan.” Pas denger itu, ada salah satu bro yang tanya ke Nabi, “Eh, Rasul, istrinya pergi haji sendirian, padahal dia harus ikutan perang. Gimana dong?” Nah, Nabi Muhammad jawab, “Yaudah, balik aja, temenin istri kamu haji.” Gampang kan? Jadi, intinya kamu harus selalu menjaga kehormatan muslimah dengan cara yang bener.

Jaga Jarak dengan Keluarga Bukan Mahram

Yuk, simak nih tips cara menjaga kehormatan muslimah ala Rasulullah!

Jadi gini, Rasulullah pernah bilang, “Hati-hati kalian dekat-dekat sama wanita, ya!” Trus ada yang tanya ke Rasulullah, “Loh, kalau ipar gimana?” Rasulullah bilang, “Ipar itu kaya maut.”

Nah, kalo dijelasin, ipar itu maksudnya saudara suami kita, kecuali ayah dan anak laki-lakinya. Kenapa disebut “maut”? Al-Imam An-Nawawi bilang, ipar itu kadang bikin kita lengah. Mereka kan deket sama kita, jadi seringkali bisa deket-deketan sama kita tanpa ada yang protes. Itu beda banget sama kalau cowok lain yang gak ada hubungan keluarga dekat-deketan.

Penting banget nih, buat kita selalu waspada dan jagain kehormatan diri kita. Ingat, kehormatan muslimah itu mahal dan berharga! 🌹😊

Jika Ada Lelaki Soleh, Maka Terima Lamarannya

Emang sih, punya calon suami yang mapan itu penting. Tapi, jangan lupa, imannya itu nomor satu loh. Status sosial, cakep, dan segala macem itu bonus aja. Yang paling utama? Tentu saja agamanya. Jadi, kalo ada cowok yang ngedeketin kamu dengan niat baik dan dia punya akhlak serta iman yang oke, ya jangan sampai lepas deh. Ingat, cara menjaga kehormatan muslimah itu juga lewat pilihan pasangannya. 😉

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Jika kalian didatangi oleh seseorang yang kalian terima agama dan akhlaknya maka nikahkanlah dia, jika tidak maka akan lahir fitnah di bumi dan kerusakan yang besar.” (HR. at-Tirmidzi )

Selalu Berdoa Agar Allah Menjaga Kesucianmu

Selain melakukan usaha sebagai cara menjaga kehormatan muslimah, kamu juga harus selalu berdoa agar Allah senantiasa melindungi kehormatanmu dimanapun berada. Jangan sampai putus asa apalagi lelah dalam berdoa. Kamu adalah muslimah berharga yang layak untuk terjaga.

اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِنَا وَآمِنْ رَوْعَاتِنَا

Ya, (yaitu) ya Alloh tutupilah aurat kami dan lindungilah rahasia kami.

اللّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالتُّقَى وَالْعَفَافَ وَالْغِنَى

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu petunjuk, ketakwaan, terjaga (dari perbuatan yang merusak kehormatan) dan kekayaan.”

Pertahankan Kehormatanmu Sekalipun Nyawa Taruhannya

Penting banget nih buat kamu tau cara menjaga kehormatan muslimah. Kalau ada momen di mana kehormatanmu terasa di ujung tanduk, jangan ragu buat berjuang keras demi mencari ridha Allah. Bayangin deh, lebih keren kan meninggal demi menjaga kehormatan daripada hidup sambil merasa malu-malu terus? Nggak cuma itu, kalau ada orang yang meninggal demi melindungi hartanya aja dapet gelar syahid, tentu saja yang meninggal demi menjaga kehormatannya juga dapet gelar yang sama. Jadi, yuk jaga kehormatan kita dengan sebaik-baiknya! 🌟🙏🏽

Barangsiapa yang terbunuh karena membela hartanya maka ia syahid, barangsiapa yang terbunuh karena membela agamanya maka ia syahid, barangsiapa yg terbunuh karena membela darahnya (jiwanya) maka ia syahid & barangsiapa yg terbunuh karena membela keluarganya maka ia syahid. [HR. Tirmidzi No.1341]

Kesimpulan

Akhir kata dari Saffa, ternyata sebagai muslimah kamu tuh seistimewa itu! Jadi jangan sampai kamu yang justru lalai dalam menjaga kehormatan sebagai seorang muslimah. Allah sudah memberikan keistimewaan dalam banyak hal untukmu maka jaga karunia itu sampai mati!

Semoga artikel cara menjaga kehormatan muslimah ini bisa bermanfaat dan kamu aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kalau kamu lagi cari gamis syari yang menutup aurat, bisa langsung checokout di geraisaffa.id ya

Tuliskan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Keranjang belanja

Tidak ada produk di keranjang.

Kembali ke toko

Gerai Saffa

Assalamu'alaikum, selamat datang di Gerai Saffa. Apakah ada yang bisa kami bantu?

Selamat datang, ada yang bisa Saya bantu