Home » Blog » 7 Cara Meraih Ketenangan : Mudah & Gratis

7 Cara Meraih Ketenangan : Mudah & Gratis

Cara Meraih Ketenangan

Assalamu’alaikum Saudariku! Apakah saat ini kamu sedang merasa galau? nah! kebetulan Saffa mau ngasih info nih tentang cara meraih ketenangan yang bisa kamu lakukan. Tenang saja, cara ini gratis kok.

Mau tau gimana cara dapetin ketenangan yang super mantap? Jadi gini, ketenangan itu sebenernya hadiah spesial dari Allah buat kita-kita lho. Nah, buat yang percaya dan pengen dapetin ketenangan yang oke, ada beberapa cara meraih ketenangan yang bisa dicoba. Kuy!\

7 Cara Meraih Ketenangan : Mudah & Gratis!

Allah berfirman: “Dia-lah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allahlah tentara langit dan bumi dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (QS. Al Fath [48]: 4)

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya pada dirimu ada dua perangai yang Allah cintai yaitu mudah memaafkan dan tidak terburu-buru.” (HR At-Tirmidzi no. 2011)

Mau tau cara meraih ketenangan ala Islam? Jangan gegabah atau buru-buru dalam nentuin sesuatu.

Kalo dapet info, kritik, atau saran, jangan langsung percaya dan sebarin gitu aja. Selalu berpikir tenang dan pertimbangkan baik-baik dulu.

Stay calm dan bijak, ya! 😊🙏🏼

Keutamaan Ketenangan

  1. sahakan selalu teliti ya. Biar hasilnya juga oke!
  2. Orang yang bener-bener tenang itu tuh keliatannya beda loh! Bicaranya dan aksi-aksinya lebih rapi dan konsisten.
  3. Nggak ada kata “andai aku…”! Ketenangan pas ngambil keputusan bakal bikin kita jauh dari kata menyesal.
  4. Orang yang tenang itu hatinya adem ayem. Jadi, meskipun ada masalah segede gaban, dia tetap nggak panik!

Nah, gimana? Jadi pengen punya ketenangan kan? Semoga tips santai ini bermanfaat buat kamu! 😁

ثُمَّ أَنْزَلَ اللَّهُ سَكِينَتَهُ عَلَى رَسُولِهِ وَعَلَى الْمُؤْمِنِينَ

“Kemudian Allah menurunkan ketenangan kepada RasulNya dan kepada orang-orang yang beriman.” (QS. At-Taubah [9]: 26)

Mencari Ilmu

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabada: “Tidaklah suatu kaum berkumpul sebuah rumah Allah tabaraka wa ta’ala, mereka membaca Kitabullah azza wa jalla, mempelajarinya sesama mereka, melainkan akan turun kepada mereka sakinah, rahmat akan meliputi mereka, para malaikan akan mengelilingi mereka dan Allah senantiasa menyebut-nyebut mereka dihadapan malaikan yang berada di sisi-Nya.” (HR Muslim no. 2699)

Berdoa

Selanjutnya, hal yang harus kamu lakukan jika ingin meraih ketenangan yaitu dengan berdoa. Apa doanya? nih Saffa coba jelaskan:

فَأَنْزِلَنَّ سَكِيْنَةً عَلَيْنَا وَثَبِّتِ الأَقْدَامِ إِنْ لَاقِينَا

“Maka turunkanlah ketenangan kepada kami Serta teguhkan lah kaki-kaki kami saat kami bertemu (musuh)”

Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam selalu mendawamkan doa ini ketika hendak menemui musuh.

Kamu bisa coba juga tuh membaca doa ini ketika ingin bertemu orang lain. Ya walaupun bukan musuh, tapi konteksnya kan tetap agar bisa mendapatkan rasa tenang.

Membaca Al-Qur’an

Sealin berdoa, kamu juga harus rutin membaca Qur’an lho! kenapa? Qur’an itu ibarat sahabat yang siap mendengarkan keluh kesah hati kamu. Insya Allah ketika kamu ikhlas, sabar, dan khusyu dalam membaca Qur’an. Maka Allah akan memberikan ketenangan batin kepada mu.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Ia adalah ketenangan yang turun karena al Qur`an.” (HR Bukhari: 4839, Muslim: 795)

Memperbanyak Dzikir

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allahlah hati menjadi tenteram.” (QS. Al Ra’du [13]: 28)

Bahkan Allah sendiri yang bilang dan menjanjikan bahwa jika ingin tenteram dan merasa tenng maka ingatlah Allah.

Hati-hati Terhadap Syubhat

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Kebaikan itu adalah yang jiwa merasa tenang dan hati merasa tentram kepadanya. Sementara dosa adalah yang jiwa meresa tidak tenang dan hati merasa tidak tentram kepadanya, walaupun orang-orang mememberimu fatwa (mejadikan untukmu keringanan).” (HR Ahmad no. 17894, dishahihkan al Albani dalam Shahîh al Jâmi no: 2881)

Jujur Dalam Berkata dan Berbuat

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya jujur itu ketenangan dan dusta itu keragu-raguan.” (HR Tirmidzi no: 2518)

Meyakini Takdir Baik dan Buruk itu Dari Allah

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak beriman salah seorang dari kalian hingga dia beriman kepada qadar baik dan buruknya dari Allah, dan hingga yakin bahwa apa yang menimpanya tidak akan luput darinya, serta apa yang luput darinya tidak akan menimpanya.” (Shahih, riwayat Tirmidzi dalam Sunan-nya (IV/451)

Kesimpulan

Akhir kata, bagaimana? mudah kan? Islam sudah memfasilitasi kita semua agar bisa memiliki kehidupan yang tenang tanpa harus bayar dan bekerja begitu keras. Yuk mulai praktek agar bisa meraih ketenangan.

Tuliskan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Keranjang belanja

Tidak ada produk di keranjang.

Kembali ke toko

Gerai Saffa

Assalamu'alaikum, selamat datang di Gerai Saffa. Apakah ada yang bisa kami bantu?

Selamat datang, ada yang bisa Saya bantu