Home » Blog » 6 Macam Iddah Wanita yang Harus Kamu Tahu!

6 Macam Iddah Wanita yang Harus Kamu Tahu!

macam iddah wanita

Assalamu’alaikum Saudariku! Apa kabar hari ini? Di artikel ini Saffa ingin ngobrol bareng sama kamu seputar macam iddah wanita. Kenapa? Saffa rassa ini cukup penting untuk wawasan dan ilmu.

Jadi gini, ‘iddah itu semacam periode waktu yang harus ditunggu sama seorang wanita sebelum dia bisa menikah lagi setelah suaminya meninggal atau diceraikan.

Makna dari ‘iddah itu sendiri sebenarnya kayak “periode hitungan” buat para wanita.

Tau nggak sih, ‘iddah itu udah ada jauh-jauh hari sebelum Islam muncul, pas jaman jahiliah.

Tapi waktu itu, orang-orang belum bener-bener nerima konsep ‘iddah ini.

Nah, setelah Islam datang, baru deh ‘iddah ini jadi diakui dan diterima soalnya memang banyak manfaatnya.

Kewajiban ‘iddah diwajibkan berdasarkan firman Allah SWT. QS. Al-Baqarah: 228 yang artinya: “wanita-wanita yang ditalak hendaklah menahan diri (menunggu) tiga kali quru’.” – quru’ berarti suci/ haidh.

Ada beberapa alasan kenapa wanita harus menjalani iddah:

1. Kalau suaminya meninggal, wanita harus iddah. Nggak peduli udah berhubungan badan atau belum dengan suaminya.
2. Ketika cerai wanita juga harus iddah, kecuali kalau dia cerai sebelum sempat berhubungan badan sama suaminya.

Mudah dipahami, kan? Itulah macam iddah wanita.

6 Macam Iddah Wanita yang Harus Kamu Tahu!

Berikut ini pembahasan tentang 6 jenis-jenis Iddah yang harus kamu ketahui.

Iddah Periode Haidh

 Firman Allah SWT. dalam QS. Al-baqarah: 228 yang artinya: “ Wanita-wanita yang ditalak hendaklah menaham diri (menunggu) tiga kali quru’

Jadi, buat cewek-cewek yang masih sering haid, iddah-nya itu 3 kali quru’. Nah, apa sih itu quru’? Quru’ itu sebenernya kata lain buat haidh. Jadi, gampangnya, iddah buat wanita yang masih haid itu selama 3 periode haid. Gampang kan? 😉

Iddah Menopause – Tidak Haidh

Selanjutnya adalah iddah menopause, gimana penjelasannya? Jadi, wanita yang udah ga haid lagi karena menopause, iddahnya itu 3 bulan aja.

Eits, bukan cuma mereka doang, lho!

Wanita yang belum baligh dan yang udah lanjut usia juga punya iddah selama 3 bulan.

Gimana, udah jelas kan? 😉

Iddah Wanita Hamil

Firman Allah SWT. dalam QS.Ath-Talaq: 4 yang artinya: “ Dan perempuan-perempuan yang hamil, waktu ‘iddah mereka itu ialah sampai mereka melahirkan kandungannya.”

Berikutnya adalah iddah wanita hamil.

Yuk! kenali macam iddah wanita yang lagi hamil! Jadi, kalo seorang wanita hamil cerai atau suaminya meninggal, iddahnya  sampai dia melahirkan bayinya.

Iddah Wanita yang Ditinggal Mati Suami

Yuk, kita ngobrol santai soal “macam iddah wanita”. Jadi, kalau seorang cewek kehilangan suaminya karena meninggal, dia harus menunggu selama 4 bulan 10 hari.

Kecuali kalau dia lagi hamil. Oh ya, kalo misalnya si suami udah bilang “kita putus” tapi sebelum sempat bener-bener pisah si suami meninggal, masa iddahnya tetap berjalan soalnya di mata hukum mereka masih jadi suami istri.

Iddah Wanita Istihadhah

Sealnjutnya adalah iddah wahinta istihadha artinya kalo ada wanita yang istihadhah (alias keluar darah kotor), iddah-nya itu sama kaya wanita yang lagi haidh, yaitu 3 kali quru’

Iddah Wanita yang Belum Bersetubuh dengan Suaminya

QS. Al-Ahzab yang artinya: “ Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu menikahi perempuan-perempuan yang beriman, kemudian kamu ceraikan mereka sebelum kamu mencampurinya maka sekali-kali tidak wajib atas mereka ‘iddah bagimu yang kamu minta menyempurnakan.

 

Tuliskan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Keranjang belanja

Tidak ada produk di keranjang.

Kembali ke toko

Gerai Saffa

Assalamu'alaikum, selamat datang di Gerai Saffa. Apakah ada yang bisa kami bantu?

Selamat datang, ada yang bisa Saya bantu